Bersiap Jalani Merdeka Belajar, TI UMRAH Laksanakan Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM

0
16

Tanggal 11 November 2020, Teknik Informatika UMRAH mengadakan workshop Penyusunan Dokumen Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Bertempat di Hotel CK, kegiatan itu dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Terdapat 2 agenda pada workshop tersebut yaitu Pelaksanaan MOOC APTIKOM dalam MBKM di TI UMRAH, dengan narasumber Dr. Kusrini, M.Kom dari Univesitas AMIKOM Yogyakarta. Beliau merupakan Wakil Direktur Wakil Direktur Pascasarjana Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STMIK AMIKOM Yogyakarta. Agenda kedua yaitu review dokumen kurikulum MBKM TI dengan narasumber Dr. Suning Kusumawardani ST., MT. dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pada agenda pertama, Dr. Kusrini menyampaikan mengenai fasilitas-fasilitas yang terdapat pada MOOC APTIKOM seperti Open Course, Open Content, dsb., dimana Prodi TI merupakan member dari asosiasi tersebut. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa apabila mengambil kelas di MOOC untuk program MBKM ini. Mahasiswa bisa merasakan bagaimana belajar dengan dosen dari perguruan tinggi lain seperti UGM, UI, dll yang tentunya sudah merupakan pakar di bidangnya masing-masing. Sedangkan agenda kedua merupakan review dokumen kurikulum MBKM yang dipresentasikan oleh Ketua TIM Hibah, Tekad Matulatan, M.Inf.Tech dan selanjutnya direview oleh narasumber.

Rangkaian agenda ini merupakan bentuk persiapan Prodi Teknik Informatika UMRAH untuk menyongsong kurikulum merdeka belajar. Karena tentu saja ini merupakan sebuah hal yang baru dimana perlu persiapan ekstra dan kerja keras serta kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan mulai dari Universitas, Prodi, mahasiswa, hingga pengguna lulusan. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan Prodi TI UMRAH bisa membuat kebijakan yang matang sehingga saat implementasi MBKM nanti tidak ditemukan kendala yang berarti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here