Bincang Teknologi dan Sains (BiTS-Up) Seri 3 : “SISTEM MONITORING MENGGUNAKAN PENDEKATAN MACHINE LEARNING”

0
95

Rabu 05 Agustus, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik UMRAH kembali melaksanakan kegiatan  Bincang Teknologi dan Sains (BiTS-Up) dimana ini adalah seri yang ketiga. Pada BiTS-Up #3 kali ini membahas mengenai topik yang saat ini sedang populer baik dikalangan akademisi maupun praktisi yaitu mengenai Machine Learning. Lebih spesifik topik yang dibahas adalah salah satu  contoh penerapan dari Machine Learning yakni “Sistem Monitoring Menggunakan Pendekatan Machine Learning”.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan Narasumber yang memberikan pemaparan materi yaitu Moch Ari Nasichuddin serta dipandu langsung oleh salah satu dosen Teknik Informatika UMRAH Nola Ritha, S.T., M.Cs. Adapun peserta yang hadir cukup antusias yang terdiri dari kalangan Dosen, mahasiswa, praktisi dan umum.

Mas Ari  panggilan akrabnya merupakan  seorang Machine Learning Engineer dan Web Core di PT Global  Atmatech Informatika dan beliau juga sangat berpengalaman dibidang Text Mining, Sentiment Analysis dan lainnya.  Pada kesempatan BiTS-Up seri 3 ini beliau mengatakan bahwa pada saat ini terjadi yang namanya pelonjakan data sehingga membuat data menjadi sangat berharga. Adanya platform media sosial yang sangat banyak pada saat ini menjadi salah satu pemicu dalam peningkatan jumlah data. Selain itu, platform media sosial dapat kita manfaatkan sebagai media monitoring untuk melihat platform mana yang sangat memberi pengaruh atau berdampak dikalangan masyarakat. Adanya pelonjakan data ini tentunya  menjadi suatu tantangan bagi  kita untuk  memanfaatkannya menjadi sesuatu  yang lebih berharga , tentunya dengan menggunakan teknologi mesin. Serta, bagaimana para stakeholder juga dapat merasakan manfaatnya dalam pengambilan suatu keputusan.

Terima kasih kepada seluruh peserta BiTS-Up #3 yang telah ikut hadir pada kegiatan tersebut. Nantikan seri BiTS-Up berikutnya dan tentunya dengan topik yang menarik lainnya.(NR)

Rekaman kegiatan : https://www.youtube.com/watch?v=bxNiUcXnESw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here