Sarasehan Kurikulum 2019 Online Bersama Pakar UGM

0
42

Konferensi video (video conference) merupakan teknologi telekomunikasi interaktif yang sedang berkembang saat ini. Dimana, dengan konferensi video memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berkomunikasi singkron (langsung) dengan bertatap muka secara daring. Agar konferensi video dapat berlangsung maka diperlukan suatu sistem, yang disebut dengan “Syarah” yang merupakan sistem e-learning UMRAH.

Teknologi ini pula yg dimanfaatkan oleh Teknik Informatika UMRAH untuk mengadakan Kuliah Umum jarak jauh. Selain lebih praktis juga menghemat dari segi biaya dan waktu. Dengan bermodalkan koneksi internet dan perangkat yang memadai maka dapat terselenggara video conference Kuliah Umum bersama Bapak Dr. Mardhani Riasetiawan, MT. dengan topik Big Data – Data Science dan Review Kurikulum Informatika dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Kuliah umum ini diselenggarakan untuk melakukan tinjauan terhadap kurikulum Informatika yang saat ini bertransformasi dari kurikulum 2015 ke kurikulum 2019. Merevitaslisasi matakuliah-matakuliah yang memerlukan pembaharuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia luar. Dengan revolusi 4.0 yang tidak hanya memberikan dampak signifikan dari sektor teknologi, namun juga di sektor pendidikan, sosial dan budaya; menuntut pembelajaran agar berjalan lebih praktis dan fleksibel.

Kegiatan berlangsung kurang lebih 2 setengah jam dengan memanfaatkan fitur course yg ada di laman syarah.umrah.ac.id, yang merupakan media pembelajaran online di UMRAH. Dengan adanya media pembelajaran online (e-Learning) kegiatan course tidak lagi terpaku dengan pertemuan fisik, anda dapat melangsungkan kelas walaupun berada di lokasi yang berada.

Berikut photo dan video yg sempat direkam selama kegiatan berlangsung.