Kuliah Umum Teknik Informatika

0
463
Foto bersama dengan pembicara

Dompak(RM) – Jumat, 14 Oktober 2016, prodi Teknik Informatika mengadakan 2 kuliah umum di Auditorium Dompak,  dengan 2 narasumber yang berbeda. Diadakan kuliah umum ini bertujuan untuk membuka wawasan tentang sedikit pandangan tentang apa yang akan dilakukan kedepannya, dan juga untuk skripsi. “Jadi, informatika tidak hanya sekedar buat game saja, atau buat website untuk pemerintahan”, jelas ketua jurusan teknik informatika, Nerfita Nikentari, saat penyampaian kata sambutan.

Kuliah umum di bagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11:00 dengan dosen tamu Heri Prasetyo, S.Kom., M.Sc.Eng., Ph.D. yang merupakan seorang dosen Universitas Sebelas Maret (UNS). Kuliah umum sesi pertama ini mengangkat tema Peluang dan Tantangan Penelitian Pengolahan Citra Digital dalam Bidang Kemaritiman

Foto bersama dengan pembicara
Foto bersama dengan pembicara

Heri Prasetyo selain sebagai seorang dosen, beliau juga merupakan pakar di bidang pengolahan citra digital. Dalam dua tahun terakhir telah melahirkan 10 jurnal dan 9 publikasi lainnya, yang terdiri dari 2 bab buku dan 7 paper di conference.

“untuk dapat membaca jurnal saya, adik-adik bisa mengunjungi halaman jurnal.uns.ac.id/itsmart, disana ada beberapa jurnal yang telah saya buat”, kata Heri Prasetyo, di akhir sesi kuliah umum. Beliau juga mengungkapkan peluang riset dan penilitian yang berhubungan dengan pengolahan citra berbasis maritim sangat lah besar, Karena masih sangat langka bahkan belum pernah diangkat kedalam riset.

Sesi kedua dimulai pukul 14:00, dan berlangsung selama dua jam dengan tema Trend Pengembangan Sistem Cerdas di Bidang Maritim. Pada sesi ini, narasumbernya adalah Drs. Retantyo Wardoyo, M.Si, Ph.D., yang merupakan seorang dosen Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pembicara: Drs. Retantyo Wardoyo, S.Si., M.Sc., Ph.D dari UGM
Pembicara: Drs. Retantyo Wardoyo, S.Si., M.Sc., Ph.D menjelaskan kepada peserta

Pada sesi kuliah umum kali ini, terasa sedikit hangat dan santai dikarenakan narasumber yang hadir selain seorang pakar di bidang sistem cerdas, beliau juga seorang dosen dari dosen-dosen Teknik Informatika.

“Sistem Cerdas lahir dikarenakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yaitu masalah keputusan, ada banyak contoh sistem cerdas diantaranya Sistem Agen, Sistem Pakar, Sistem Pengolahan Bahasa Natural, Robotika, dan Case Base Reasoning”, tutur Narasumber. “Dengan adanya kuliah umum ini mahasiswa merasa terbantu dalam menyelesaikan skripsi dan tidak lagi mengulangi kesalahan dalam menentukan objek dan pola pikir, jadi mahasiswa di tuntut untuk berfikir logis untuk memecahkan permasalahan dengan adanya informasi yang di terima dapat di olah dengan baik”, harap beliau lagi.

Sumber : http://risalahmaritim.umrah.ac.id/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here