Sertifikasi Kompetensi Tingkatkan Kualitas Calon Lulusan Teknik Informatika UMRAH

0
56

Jurusan Teknik Informatika UMRAH menggelar training dan ujian sertifikasi kompetensi Java Fundamentals pada tanggal 29 Januari – 2 Februari 2018 yang bekerjasama dengan lembaga sertifikasi Oracle Academy. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi calon lulusan/wisudawan yang akan diwisuda pada bulan Maret 2018. Calon wisudawan sebanyak 24 orang dibekali dengan kemapuan dasar Java Fundamentals oleh dosen Teknik Informatika yang telah mengikuti ToT di Oracle Academy.

Sertifikasi Java Fundamentals bagi peserta yang lulus diakui secara internasional, karena sertifikat kelulusan langsung dikeluarkan oleh Oracle Academy. Peserta memiliki akun online pada laman resmi Oracle Academy untuk menyelesaikan tugas/kuis, ujian pertengahan dan ujian akhir selama training berlangsung. Setiap peserta wajib mengisi jawaban ujian secara online, kemudian hasil dari jawaban tersebut dapat langsung diketahui beberapa saat setelah semua jawaban diisikan. Proses penilaian ujian sertifikasi dilakukan melalui sistem berbasis komputer yang telah disediakan oleh Oracle Academy.

Pada tahun 2018, direncanakan pelaksanaan sertifikasi sebanyak 3 batch/periode. Pada periode pertama ini juga diundang beberapa perwakilan siswa SMK Bidang Teknologi Informasi di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan untuk ikut berpartisipasi. Hal tersebut sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Informatika UMRAH untuk memberikan kontribusi pengembangan ilmu pengetahuan. Kedepannya akan lebih banyak perwakilan siswa-siswa sekolah yang akan diundang dalam mengikuti training dan ujian sertifikasi. Tahun ini juga diagendakan beberapa orang dosen Teknik Informatika UMRAH untuk mengikuti ToT sertifikasi lainnya, seperti ToT sertifikasi Microsoft Technology Associate dan ToT sertifikasi CISCO CCNA. Sehingga jumlah sertifikasi kompetensi yang dapat dilaksanakan semakin banyak dan baik kualitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here