Mahasiswa TI-Umrah Lakukan Kegiatan Kunjungan Industri ke PT. Systrans Multimedia

0
45

(Batam, 26/10/2017) mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik UMRAH melakukan kunjungan industri ke PT. SYSTRANS MULTIMEDIA Batam atau Infinite Studio di dampingi oleh Dosen dan staff. Kunjungan industri ini dilakukan untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia multimedia dan terlebih lagi dunia perfilman animasi di Indonesia. Infinite Studio merupakan sebuah perusahaan animasi di Asia Tenggara dengan anggotanya yang telah mencapai banyak keberhasilan dalam membuat film Animasi. Kunjungan yang di sambut dengan baik oleh Bapak Rian Willy selaku General Manager berharap dengan adanya kunjungan industri ini mahasiswa tidak hanya bercita-cita sebagai Insinyur atau Dokter saja karna beranimasi juga merupakan sebuah skill yang tidak seharusnya dipandang sebelah mata.

Kunjungan yang dilakukan di Infinite Studio dengan luas 10 Ha ini dimulai dari ruang aset kemudian  ke ruang animator dan pengisian suara selain itu mahasiswa juga diajak berkeliling melihat set-set pembuatan film Live Shoot secara Indoor dan Outdoor. Salah satu tempat menarik di Infinite Studio pada saat kunjungan tersebut adalah mengunjungi preview room setelah berjalan dari ruang aset dan animator. Bella selaku pemandu menampilkan beberapa film yang dibuat di Infinite Studio dan beberapa trailer yang telah di buat dan akan segera dirilis di bioskop. mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya yang dijawab seperti bagaimana aplikasi yang digunakan di Infinite Studio serta Basic Requirement untuk menjadi Animator di Infinite Studio. Infinite Studio memberikan standar untuk mendaftar bagi mahasiswa mahasiswi yang ingin bekerja di Infinite Studio, selain umur 17 tahun ke atas skill yang cukup baik juga mampu memberikan mahasiswa kesempatan. Kemudian hal utama di Infinite Studio adalah kerjasama tim. Setiap anggota tim tidak boleh idealis dan harus saling bekerjasama dalam membuat karakter. Setiap karakter akan dikerjakan oleh 1 team. Namun jika yang mengerjakan adalah senior atau bisa dibilang sudah sangat mahir maka pembuatan karakter bisa saja dikerjakan oleh 1 orang.

Membuat animasi merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas dan harus sesuai dengan keinginan client. Jadi sangat memungkinkan bila kerjasama dan interaksi antar anggota tim merupakan hal utama untuk menghindari ketimpangan dalam membuat 1 buah karakter. Semua kebutuhan dan keinginan client adalah suatu keharusan yang wajib di ikuti oleh industri, semakin berkembang dan meningkatnya taraf hidup manusia tak memungkiri bahwa kebutuhan hiburan juga harus meningkat.

Pemberian Cendera Mata kepada Pihak Infinite Studio oleh salah satu dosen, Ibu Nola Ritha, S.T., M.Cs

Dengan adanya kunjungan industri ke PT. Kinema Systrans Multimedia Batam ini diharapkan mahasiswa dan mahasiswi mampu menganalisa dan termotivasi belajar beranimasi secara otodidak dengan banyaknya tutorial-tutorial yang ada di dunia internet. Bella juga menjelaskan Membuat animasi membituhkan skill, kreatifitas dan mood yang baik sehingga Kinema memberi kenyamanan kepada para Artisnya, artis yang dimaksud adalah para pembuat animator karna sama halnya dengan artis mereka dikejar waktu dalam pembuatan animasi, mood yang baik dan kebebasan juga memberi efek nyaman yang memungkinkan para animator lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan. (NR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here